Wednesday, March 13, 2013

Masalah TPP Guru Diadukan ke Presiden

Ilustrasi

JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ternyata tak tinggal diam dan sudah melaporkan penyaluran tunjangan profesi pendidik (TPP) guru yang selalu bermasalah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), terutama mengenai kekurangan pembayaran yang terjadi setiap tahun.

"PB PGRI sudah kirim surat ke Presiden, melaporkan persoalan tersebut dan meminta presiden turun tangan," kata Ketua PB PGRI, Sulistyo saat dikonfirmasi JPNN, Rabu (13/3).


Menurut Sulistyo, surat yang dikirim ke Presiden itu juga ditembuskannya ke seluruh lembaga negara disamping ke KPK, Kapolri, MA, Ombusmen, seluruh Menteri terkait, asosiasi gubernur, walikota, dan Bupati se Indonesia. PGRI minta supaya maasalah ini segera diselesaikan.

"Karena ketika PB PGRI turun ke kabupaten/kota, di sana masih ada uang sisa TPP, tetapi jika dibayarkan tidak cukup. Mana yang benar? PGRI melihat itu saling lempar tanggung jawab anatr pemerintah, baik Kemdikbud, Kemenag maupun pemerintah daerah," ungkapnya.

Menyikapi berbagai persoalan terkait penyaluran TPP ini, PB PGRI juga sudah mengusulkan agar pembayaran TPP guru segera diselesaikan dan tunggakan pembayaran tahun-tahaun sebelumnya jga dibayarkan.

"Terkait informasi kekurangan TPP guru tahun 2013, Rp10 triliun, PGRI sedang berkoordinasi dengan Menkeu," pungkasnya.

Diketahui banyak persoalan yang terjadi dalama penyaluran TPP guru yaang didekonsentrasikan oleh melalui dana transfer daerah. Persoalan terbesarnya adalah penyaluran TPP tidak pernah penuh 12 bulan sejak 2009 lalu. Hal ini diduga karena dana yang dianggarkan APBN tidak pernah mencukupi.(Fat/jpnn)

Sumber : jpnn.com

2 comments:

  1. panggi.retno@yahoo.co.idDecember 17, 2013 at 11:05 PM

    dengan hormat , kami 12 guru slb kota semarang yang lulus plpg th 2009 , tunjangan sertifikasi kami yang tahun 2010 sampai sekarang belum cair , bagaimana nih ? masih bisa diurus atau sudah hangus ?karena menurut kpkpn hangusnya setelah 5 tahun . mohon dibantu , trims @ Retno S.Pd nip : 195812101982032005

    ReplyDelete
  2. panggi.retno@yahoo.co.idDecember 17, 2013 at 11:23 PM

    dh , kalau Tunjangan sertifikasi kami yang 2011 , 2012 , 2013 , alhamdulilah lancar , kami sangat berharap mudah - mudahan Dirjen dapat membantu kami , karena kami sudah pemberkasan berkali - kali , namun SK pencairan th 2010 , tak kunjung terbit , yang mengakibatkan tunjangan Sertifikasi kami ber 12 yang tahun 2010 , Belum bisa Cair sampai sekarang , demikian laporan kami , bila ada kesalahan kami mohon maaf , 2 hormat kami Retno S.Pd

    ReplyDelete