Monday, March 4, 2013

Hati-hati Terhadap Penipuan Berkedok Website Telkomsel Poin

Bermula dari pesan singkat atau SMS yang masuk ke nomor HP ku dari salah satu nomor seluler. Adapun isi pesan itu menyatakan bahwa aku mendapatkan 1 unit mobil avanza. Sebenarnya sih aku telah muak dengan model penipuan seperti ini.  Karena setahu ku apabila pihak Telkomsel menginformasikan sesuatu produk atau info penting lainnya.  Selalu mengatasnamakan Telkomsel pada kotak inboxnya tanpa nomor HP tentunya.   

Tapi entah kenapa aku iseng untuk membuka website yang disertakan pada SMS itu.  Adapun kedua website itu adalah www.hadiah-tsel777.webs.com dan www.gebyartselpoin777.webs.com.  Kedua-duanya dapat diakses dengan mudah.


Tampilan dari ke dua website ini, sungguh meyakinkan apalagi bagi yang awam.  Aku sih sempat terhenyak juga lantaran sekilas seakan tak ada cela.  Apalagi nomor PIN yang disertakan pada SMS tersebut memang ada pada kolom pemenang hadiah.

Bukan itu saja pada kedua website ini juga disertakan foto-foto penerima hadiah dan pihak-pihak yang berkompeten dalam pengesahan hadiah seperti Departemen Sosial, Trans TV, Trans 7 dan KPK.  Ada juga komentar yang mengatasnamakan pemenang.


Secara tampilan website ini sungguh sempurna hampir tak ada cela.  Mulai dari logo telkomsel yang terpampang pada headnya, konten yang termuat di dalamnya bahkan pada bagian footernya sama persis dengan website telkomsel yang resmi. Untuk diketahui website telkomsel yang resmi adalah www.telkomsel.com.

Silahkan membandingkan 2 website di atas dengan website resmi telkomsel.

Oke, sampai di sini ku rasa sang penipu telah nyaris sempurna untuk memperdayai calon mangsanya.

Tapi naluri ku justru berkata lain, ku coba mencari cela dari kedua website itu dengan membandingkannya dengan website resmi telkomsel.  Ternyata pada website resmi telkomsel tedapat logo telkomsel pada faviconnya. Sedangkan pada kedua website telkomsel gadungan tersebut tidak terdapat logo pada faviconnya.

Kemudian pada bagian footer dari kedua website gadungan tersebut terdapat tulisan Build a free website at Webs.com dan Create a free website at Webs.com yang pada website resmi tidak terdapat ke dua tulisan tersebut.


Dengan adanya tulisan tersebut mengindikasikan bahwa website ini dibuat secara gratisan.  Tentu saja perusahaan sekelas Telkomsel tidak akan menggunakan website gratis.  Sebenarnya masih ada lagi satu situs penipuan yang mengatasnamakn telkomsel yakni http://www-telkomsel-poin.blogspot.com yang juga menggunakan situs gratisan.


Sebenarnya sih tanpa membandingkan situs telkomsel gadungan dan yang resmi sudah dapat diketahui bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.  Karena pemenangnya hanya berjumlah 6 orang maka merupakan suatu hal yang tak mungkin.  Kemudian bila dilihat dari keterangan dan tatacara pengambilan hadiah yang terlampau memaksa dengan memberi batas waktu 2 hari. Sudah dapat diduga bahwa hal ini merupakan suatu bentuk penipuan.

Berikut di sertakan keterangan dan tata cara pengambilan hadiah seperti termuat dalam ke dua website tersebut.

KETERANGAN:

  • Pengundian sudah dilakukan di hadapan Notaris dan disaksikan oleh pihak Dinas Sosial, Pemda dan jajaran manajemen TELKOMSEL
  • Mohon maaf bila pencantuman nomor pemenang tidak kami cantumkan secara lengkap dan alamat kami tidak cantumkan demi untuk menghindari unsur-unsur yang tidak bertanggung jawab (penggandaan nomor/pemalsuan pemenang).
  • pemenang resmi kami akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS/pesan singkat yang mencantumkan situs undian resmi TELKOMSEL www.gebyartselpoin777.webs.com
  • Pemenang hadiah yang terdaftar di atas hanya diwajibkan untuk menghubungi kantor pusat Telkomsel di www.gebyartselpoin777.webs.com layanan call centre kami, tidak memberikan informasi pengundian demi mencegah unsur penipuan yang mengatasnamakan TELKOMSEL.
  • Demi menghindari hal-hal yang merugikan pemenang, TELKOMSEL  tidak menyalurkan hadiah melalui kantor cabang. Syarat-syarat diumumkan melalui via telepon di :0016-285222245576
  • Warna kendaraan sesuai persediaan,pemenang tidak dapat memilih.Kondisi kendaraan adalah baru dan on the road (BBN Jakarta).  

TATA CARA PENGAMBILAN HADIAH:

. Pemenang bisa datang di Kantor Kami untuk mengambil langsung hadiahnya,sekaligus
menandatangani SURAT SERAH TERIMA HADIAH dari TELKOMSEL,Tanpa dikenakan Pajak.
  • Hadiah Anda bisa diantarkan langsung ke alamat anda melalui Jasa Penerbangan,dengan menggunakan Pesawat Kargo BOEING 737 GX dari bandara Halim Perdana Kusuma menuju ke Bandara atau Lapangan Penerbangan yang terdekat di daerah Anda. setelah itu perjalanan dilanjutkan ke alamat pemenang.
  • Batas pengambilan Hadiah berlaku selama 2 hari. Apabila Pemenang tidak mengurus Hadiahnya sampai batas waktu yang ditentukan, maka Hadiah tersebut akan dialihkan pada kandidat pemenang yang lain dan kewajiban Kami kepada pemenang sudah tidak ada lagi.
  • Untuk Melaporkan Alamat dan Identitas Anda, Silahkan hubungi pelayanan informasi;

DIREKTUR UTAMA PT.TELKOMSEL
CABANG JAKARTA SELATAN
Drs.H.Bambang Irawan

Untuk Confirmasi Lengkap Silahkan Hubungi Call Center:
0016 2852 2224 5576

Terima kasih atas partisipasi anda telah mempergunakan produk TELKOMSEL sebagai sarana komunikasi. Dan sekali lagi kami ucapkan selamat atas keberuntungan anda, semoga hadiah dari kami bermanfaat untuk anda sekeluarga.

Hati hati terhadap penipuan !
mengatas namakan PT.TELKOMSEL

SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU.

Semoga dengan tulisan ini dapat membantu anda menghindari bentuk-bentuk penipuan dengan menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi yang kian marak dewasa ini.  Apalagi dengan mencatut nama perusahaan-perusahaan besar, seperti halnya Telkomsel di atas pada kasus di atas (OW)

No comments:

Post a Comment