Tuesday, November 13, 2012

Sultra-Turki Bangun Dua Sekolah Internasional

Lambang Sulewesi Tenggara dan Bendera Turki

Kendari - Pemerintah Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Pemerintah Negara Turki akan membangun dua sekolah bertaraf internasional di di daerah itu.


Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sultra, Damsid, di Kendari, Senin mengatakan kerja sama dengan Pemerintah Turki tersebut melalui Pacific Social and Economic Solidarity Forum (PASIAD) yang akan dikelola oleh Yayasan Al Firdaus Indonesia bersama Asosiasi PASIAD.

"Rencananya sekolah bertaraf internasional itu akan dibangun di Kota Kendari dan Pomalaa Kabupaten Kolaka, pada 2013 mendatang," katanya.

Ia mengatakan dalam kerja sama pendidikan tersebut, Pemerintah Provinsi Sultra diminta menyediakan lahan pembangunan kompleks gedung sekolah.

"Salah satu keunggulan sekolah bertaraf internasional tersebut, semua guru-guru pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berasal dari Turki," katanya.

Menurut dia sekolah itu akan menciptakan generasi sains dan mengarahkan siswanya untuk menjadi  juara pada Olimpiade sains.

Ia menjelaskan, sistem pendidikan berbasis siswa dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris khususnya untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, dan Bahasa Inggris.

"Selain itu, didukung fasilitas pendidikan yang modern dan canggih serta tenaga pengajar asing yang profesional yang siap mengantarkan putra-putri Indonesia dalam persaingan pendidikan baik tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Sekolah yang didukung Pasiad sudah ada di Semarang dikelola melalui yayasan, karena bantuan dari luar negeri susah masuk ke sekolah di Indonesia jika sekolah itu dikelola oleh pemerintah, katanya. 

"Karena sekolah bertaraf Internasional, maka bahasanya tentunya menggunakan bahasa internasional utamanya bahasa Inggris dan dan setelah itu akan diarahkan bisa memahami bahasa Turki," katanya.

No comments:

Post a Comment