Friday, November 2, 2012

Cina Bikin Taman Nasional Tertinggi di Dunia

Taman Nasional Tertinggi di Dunia yang terdapat di Cina
TIBET--Cina resmi membuka taman nasional tertinggi di dunia di daerah otonomi Tibet. The Qomolangma National Park mencakup wilayah taman wisata nasional di lima puncak gunung dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter. Taman nasional yang terletak di perbatasan Cina dan Nepal itu meliputi enam kabupaten dari Prefektur Xigaze wilayah dengan total luas 78 ribu kilometer persegi.

"Lokasi wisata ini memiliki ketinggian lebih dari 8.000 meter," ujar Sun Yongping, wakil kepala biro pariwisata daerah seperti dimuat Xinhua (31/10).

Lembah ekologi dan budaya serta keberadaan zona air panas dan salju yang dikelilingi asrinya hutan berada dalam kawasan tersebut. "Taman nasional akan difokuskan pada perlindungan ekologi dan keanekaragaman hayati dan pencegahan dari eksploitasi sumberdaya secara ilegal atau penggunaan lahan," terangnya.

Sebagai wisata tertinggi di dunia, kawasan Gunung Qomolangma memiliki ketinggian 8.848 meter. Wilayah pegunungan tersebut sebelumnya memang  disukai oleh wisatawan dari seluruh dunia. Tahun ini, kawasan tersebut telah dikunjungi lebih dari 73 ribu wisatawan. Keberadaan lokasi wisata ini, menjadi taman nasional ketiga di Tibet menyusul Taman Nasional Namtso dan Yarlung Zangbo Grand Canyon National Park, yang dibuka pada 2010. Ini juga sebagai bagian dari upaya untuk mengubah wilayah Tibet menjadi "tujuan penting dunia," yang juga merupakan target pemerintah pusat Cina.

Tibet sendiri merupakan daerah mayoritas yang dihuni oleh etnis Tibet dan pusat agama Budha. Selain olahraga, tujuan wisata lainnya termasuk situs warisan Buddhisme Tibet seperti Istana Potala, Kuil Jokhang dan Zhaxi Biara Lhunbo.

Jumlah wisatawan yang bepergian ke Tibet mengalami pertumbuhan rata-rata sekitar 30 persen per tahun dalam lima tahun terakhir. Tahun lalu, lebih dari 8.690.000 orang mengunjungi Tibet serta mendatangkan pendapatan pariwisata sebesar 9,7 miliar yuan. (Esy/jpnn)

No comments:

Post a Comment