Saturday, November 3, 2012

Sebanyak 1404 Sarjana Unpatti Diwisuda

Ilustrasi 

Ambon - Hari ini, Sabtu (3/11) sebanyak 1.404 Sarjana dan Pascasarjana Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon diwisudakan dalam Wisuda Sarjana II periode April-Oktober 2012.

Ke-1404 lulusan ini akan diwisudakan oleh Rektor Thomas Pentury bertempat di Auditorium Unpatti.

Kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (1/11) Pembantu Rektor (PR) I Unpatti, Roberth Ozsaer mengatakan, saat ini Unpatti berupaya meningkatkan kualitas lulusan dari tahun ke tahun.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya jumlah lulusan yang mencapai rasio. Bahkan semakin tingginya nilai IPK.

“Dinilai dari IPK dulunya dibawah 3 koma masih banyak tetapi sekarang dari 2,7 sekian sudah bergesar ke kanan sudah naik tidak seperti sebelumnya. Kemudian ada penurunan masa studi yang tadinya 6,5 tahun sampai tujuh tahun sekarang sudah berkurang,” jelasnya.

Dikatakan, lulusan kian hari meningkat sehingga direncanakan tahun depan wisuda akan dilakukan sebanyak tiga kali.

“Itu rencana rektor tahun depan kita buat tiga kali karena lulusan sudah mulai meningkat. Selain itu sekarang sudah banyak dibawah enam tahun. Masa studi empat sampai lima tahun itu sudah baik. Output dan input ada kenaikan kelulusan harusnya mencapai rasio sebanding dengan yang masuk dengan yang keluar,” urainya.

Ozsaer juga mengakui, untuk tingkat Drop Out (DO) yang sering kali mengalami peningkatan kini sudah menurun. Hal ini karena peningkatan disiplin pada setiap program studi sehingga mahasiswa didorong untuk secepatnya selesai.

“Tingkat DO kurang. Karena walaupun DO  tetapi diberikan kebijakan untuk pindah dan diterima di universitas lain. Kalau lewat tujuh tahun dianjurkan pindah karena masa studi tertinggi hanya sampai tujuh tahun. Saat ini tingkat DO makin hari makin turun. Ini karena adanya peningkatan disiplin pada program studi sehingga mahasiswa didorong untuk cepat selesai,” ungkapnya.

Untuk diketahui dari 1.404 lulusan Unpatti, sebanyak 20 lulusan terbaik dengan predikat cumlaude. (S-27)

Sumber : http://siwalimanews.com

No comments:

Post a Comment