Thursday, April 3, 2014

Banyak Daerah di Indonesia Terancam Tsunami Pasca Gempa Chili

Tsunami ancam banyak daerah di Indonesia
Ilustrasi Tsunami

Gempa 8,2 skala Ritcher di Chile yang terjadi pada tanggal 02 April 2014 kemarin, ternyata membuat banyak kota di Indonesia pada khususnya berstatus WASPADA.

Maksud dari status WASPADA tersebut adalah waspada akan munculnya gelombang tsunami akibat dari gempa yang terjadi di Chile itu. Status WASPADA tersebut tidak serta merta meluas karena pesan hoax, melainkan berasal dari rilisan resmi tim BMKG.

Dikarenakan kekuatan gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut sangat berpotensi melahirkan gelombang tsunami yang mengancam wilayah Indonesia.

Dalam berita rilisannya, seperti yang termuat dalam situs resmi BMKG , provinsi atau kabupaten atau juga kota yang berada pada lingkup daerah dengan status AWAS diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Untuk pemerintah provinsi atau kabupaten atau juga kota yang berada pada status SIAGA diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Dan untuk pemerintah provinsi atau kabupaten atau juga kota yang berada pada status WASPADA diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Berikut adalah daftar data dalam format PDF yang dirilis resmi oleh BMKG terkait daerah-daerah mana saja yang masuk dalam kategori WASPADA.

Sumber : merdeka.com

No comments:

Post a Comment