Friday, July 26, 2013

Video : Detik-Detik Jebolnya Dam Way Ela, Maluku Tengah

[VIDEO] Dahsyat! Detik-detik Jebolnya Bendungan Way Ela Ambon
Luberan air bah yang menghantam desa Negeri Lima kecamatan Leihitu
akibat jebolnya dam alam Way ela
Ambon : Bendungan Way Ela di Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah jebol menyusul tingginya curah hujan di kawasan tersebut. Air bah yang dahsyat menghantam pemukiman warga dan merusak ratusan rumah.

Air bah berasal dari Bendungan Way Ela yang jebol akibat sudah tak mampu menampung air hujan yang terus mengguyur sejak beberapa hari terakhir. Ditambah dengan air yang mengalir deras dari puncak gunung membuat volume air tak mampu ditampung bendungan. Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat dini hari (26/7/2013), warga hanya bisa berteriak dan ketakutan saat menyaksikan air bah yang hendak menerjang desa mereka. Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah pada Kamis 25 Juli Siang rusak parah setalah air bah dahsyat menerjang dan menyapu bersih semua bangunan dan benda-benda yang dilewati.

Setelah air bah berhenti, warga pun keluar dan menyaksikan rumah-rumah mereka telah porak poranda dan rusak parah. Bahkan sebagian sudah rata dengan tanah dan hanya tersisa puing-puing. Tiang listrik dan telepon pun sudah tidak utuh akibat kuatnya terjangan air bah itu.

Hingga Kamis petang, 2 warga belum diketahui nasibnya. Sementara, 32 orang mengalami luka-luka akibat terkena terjangan air bah dan puing-puing yang dibawanya.

Meski begitu, sekitar 5.000 warga selamat dari air bah tersebut lantaran mereka sebelumnya telah mengungsi ke beberapa desa tetangga dan sejumlah tenda pengungsian. Mereka sudah mengetahui bila tanggul bendungan akan jebol. (Ali)

Sumber : liputan6.com

No comments:

Post a Comment