Monday, July 22, 2013

241 Calon Haji Ambon Telah Miliki Paspor

Ilustrasi : Calon Jamaah Haji sedang menaiki tangga pesawat yang akan 
menerbangkan mereka ke tanah suci.

AMBON - Sebanyak 241 calon haji Kota Ambon sudah memiliki paspor dan siap untuk berangkat menuju Tanah Suci Mekkah yang dijadwalkan pada tanggal 10 September 2013.

"Dari 241 orang itu sudah termasuk empat orang pemandu haji daerah (PHD)," kata Kasi Urusan Agama Islam (Urais) dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon Ismail Kaliky di Ambon, Senin 22 Juli 2013.

Ismail menjelaskan bahwa pada saat pembuatan paspor berlangsung di Kantor Imigrasi Ambon yang sudah dimulai sejak akhir Mei 2013 itu pembayarannya dibebankan kepada seluruh jamaah sebesar Rp255.000/ paspor sambil menunggu dana pembayarannya dari Pusat baru dikembalikan kepada para jamaah.

"Sekarang ini dananya sudah ada dan siap dikembalikan dalam waktu dekat ini bagi para calon haji," ujarnya.

Kemungkinan, lanjutnya, setelah barang persiapan berupa tas, seragam dan lainnya siap para jemaah akan diundang ke Kankemenag, dipastikan sebelum lebaran tas sudah bisa dibagikan sekaligus pengembalian uang paspor.

Sedangkan pelaksanaan manasik yang dilakukan Kankemenag Ambon akan berlangsung dari tanggal 15 - 18 Agustus 2013 setelah itu dilanjutkan dengan pemberian faksin.

Ismail menjelaskan khusus manasik yang akan dilakukan pada tanggal 18 Agustus itu berupa simulasi yang rencananya akan berlangsung di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Hal ini sangat penting sebagai bekal bagi para calon haji sebelum tiba di Tanah Suci mereka sudah mempunyai persiapan, katanya.

Dia menambahkan bahwa sampai saat ini belum ada informasi mengenai rencanan keberangkatan itu apakah calon haji Kota Ambon masuk dalam kelompok penerbangan (Kloter) berapa, walaupun sudah jelas Maluku termasuk dua kloter. (ant/bm 10)

Sumber : beritamaluku.com

No comments:

Post a Comment