Kamis, 18 Juli 2013

Kemenag Siapkan 405 Instruktur Nasional Penerapan Kurikulum PAI 2013

Foto
Sosialisasi ToT Kurikulum 2013 Mapel PAI di Makassar

Makassar - Untuk mempersiapkan penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendis akan merekrut 405 instruktur nasional.

“Para Instruktur akan dilatih dalam Training of Trainer (ToT) Instruktur Nasional Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI agar bisa memberikan bimbingan kepada guru sasaran dalam persiapan penerapan kurikulum 2013,” tegas Direktur Pendidikan Agama Islam Amin Haedari ketika membuka ToT Instruktur Nasional Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Angkatan II di Makassar, beberapa hari yang lalu.

Menurut Amin, sasaran implementasi kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI meliputi: 6.325 Guru PAI, 6.325 sekolah, dan 9.767.280 siswa.

“Berhasil atau tidaknya implemtasi kurikulum 2013 mapel PAI sangat tergantung pada kualitas 405 instruktur nasional yang akan disiapkan,” terang Amin.

Pelaksanaan ToT ini, lanjut Amin, bertujuan meningkatkan kompetensi instruktur nasional sehingga bisa melatih guru sasaran dengan baik dan optimal. “Jika instruktur nasional tidak berhasil, maka sudah bisa ditebak bahwa implementasi kurikulum 2013 mapel PAI gagal,” tambah Amin.

Sehubungan itu, Amin berharap setelah mengikuti ToT ini, instruktur nasional mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian kurikulum 2013. Lebih dari itu, instruktur juga harus memahami rasionalitas Kurikulum 2013, strategi implementasi Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

“Seorang instruktur nasional harus mampu mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar,” tegas Amin mengingatkan.

Training of Trainer (ToT) Instruktur Nasional Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI Angkatan II di Makassar ini diikuti oleh 50 guru PAI SD, SMP, SMA, dan SMK, serta pengawas PAI dari 15 Provinsi, yaitu: Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sumber : kemenag.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar