Saturday, July 20, 2013

SPMB IAIN Ambon 2013 Diumumkan 25 Juli

Pintu gerbang IAIN Ambon dengan tulisan "Selamat Datang di Kampus
Hijau IAIN Ambon" siap menyambut mahasiswa dan calon mahasiswa 
yang ingin menimba ilmu di kampus tersebut.
Ambon - Bila tak ada aral, hasil tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SBPM) Institut Agama Islam Negeri Ambon, yang digelar serempak pada tanggal 25 Juni lalu, baru akan diumumkan pada tanggal 25 Juli mendatang. Hasil tes SPMB-IAIN Ambon diumumkan oleh panitia SPMB-PTAIN di Jogjakarta, secara online via internet lewat situs resmi SPMB-PTAIN tahun 2013.

Tes SPMB-PTAIN tahun ini, diikuti oleh ribuan mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan pilihan sesuai dengan pengembangan program studi di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Setelah sukses menyelenggarakn tes SPMB-PTAIN beberapa waktu lalu, Panitia SPMB-IAIN Ambon kini membuka penerimaan lewat jalur Mandiri. Penerimaan ini dibuka sampai dengan pengumuman hasil SPMB nasional, yang diumumkan pada tanggal 25 Juli mendatang. Demikian disampaikan Koordinator SPMB-PTAIN Rayon 43 IAIN Ambon, Dr.Mohdar Yanlua, MH, Senin, 1 Juli.

Ia menjelaskan, tahun ini IAIN Ambon membuka penerimaan mahasiswa baru dari tiga fakultas; Fakultas Syariah & Ekonomi Islam dengan menawarkan lima program studi; Al Ahwal Al Syakhsyiah (Peradilan Agama), Jinayah Siyasah (Hukum Pidana dan Politik), Muamalah (Hukum Ekonomi), Perbandingan Mazhab dan Hukum, dan Ekonomi Syariah. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dengan Program Studi; Aqidah Filsafat, Jurnalistik, Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Sosiologi Agama, Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dengan program studi; Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. 

Sementara Rektor IAIN Ambon, Dr.Hasbollah Toisuta,M.Ag. menjelaskan, dalam rangka menghadapi kebutuhan masyarakat dan pembangunan sumber daya manusia di daerah ini, maka IAIN Ambon juga telah mengusulkan beberapa program studi baru kepada Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jakarta. Sebagai bocorannya, program studi baru yang telah diusulkan itu, termasuk salah satunya Program Studi Bahasa. 

Saat ini, kata Rektor, IAIN Ambon hanya menunggu proses di Kementerian di Jakarta. Selain itu, IAIN Ambon sendiri telah melaunching Program Magister (S2) Pendidikan Agama Islam (PAI), yang kelas awalnya sudah melakukan aktifitas kuliah sejak tahun kemarin. Di tahun ini, PPs IAIN Ambon juga telah dibuka kepada para alumni S1 dari semua jurusan, yang siap melanjutkan ke jenjang S2 di IAIN Ambon. 

Untuk menjamin kelangsungan sistem pendidikan di IAIN Ambon secara baik, maka pembenahan juga terus dikembangkan. Saat ini, proses pembangunan fisik beberapa gedung, seperti Laboratorium Ilmu Falak milik Fakultas Syariah mencapai, Gedung PPs Program Studi PAI, dan gedung kuliah Fakultas Tarbiyah, yang sudah mencapai finishing. 

Kata dia, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa IAIN Ambon, semua pembenahan terus dilakukan, termasuk memperbaiki sistem jaringan internet yang saat ini sudah dalam proses perbaikan. Untuk itulah, ia berharap semua stakeholder yang ada di kampus itu dapat bersama-sama membangun kampus tersebut sebagai suatu ibadah, dan menata semua kekurangan yang belum sempat dilakukan demi kejayaan IAIN Ambon, yang cerdas, berbudi dan berdaya saing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

No comments:

Post a Comment