Sunday, March 2, 2014

15 Gol Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Dunia versi Bola.net (2)

Piala Dunia adalah tontonan yang menakjubkan. Banyak hal menarik yang bisa disaksikan di ajang empat tahunan yang diprakarsai oleh FIFA tersebut.

Akan tetapi, pada akhirnya, yang membuat ajang ini menjadi sangat meriah adalah melihat si kulit bundar masuk ke dalam gawang, alias terciptanya gol. Sejak dimulai pada tahun 1930 silam, hingga yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2010 lalu, sudah tercipta total 2,208 gol di ajang ini.

Dari ribuan gol tersebut, berikut 15 gol yang terbaik di antaranya pilihan dari Bola.net. Dimulai dengan menghitung mundur.

10. Maxi Rodriguez: Argentina vs Meksiko - 2006



Gol ini sebenarnya tak jauh dari dukungan Dewi Fortuna. Namun, tetap saja gol ini tergolong indah. Dengan memadukan teknik, insting gol yang tinggi serta kejelian dalam melihat posisi kiper lawan, Maxi mencetak gol yang luar biasa dengan kaki kirinya. Padahal, kaki tersebut bukan kaki favoritnya.

9. Diego Maradona: Argentina vs Yunani - 1994



Gol dari Maradona sendiri tergolong biasa. Namun, yang menjadi perhatian adalah kerjasama tim yang cantik. Atau yang lazim dikenal dengan Tiki-Taka saat ini. Kelihatannya memang mudah melakukan trik tersebut. Akan tetapi, pada kenyataannya, sulit melakukan hal tersebut jika tak ditunjuang dengan kecepatan, olah bola yang bagus dan kerjasama tim yang rapi.

8. Manuel Negrete Arias: Meksiko vs Bulgaria - 1986



Proses terjadinya gol bagus. Namun, penyelesaian akhirnyalah yang sempurna. Sebuah tendangan gunting yang akurat membuat kiper lawan tak berkutik. Reaksi yang bagus dari Negrete saat melihat bola tersebut tengah melayang. Jika ia memutuskan untuk mengontrol bola, mungkin ia tak akan punya kesempatan mengancam gawang lawan karena para defender sudah siap menutup pergerakannya.

7. Michael Owen: Inggris vs Argentina - 1998



Bisa melakukan solo goal di Piala Dunia? Maka pemain tersebut patut diacungi jempol. Mencetak gol dengan bantuan rekan setim saja tak mudah, apalagi melakukannya seorang diri. Kecepatan menjadi senjata utama Owen mencetak gol ini. Namun, yang paling penting adalah visi dan ketenangannya-nya. Ia sudah menentukan ke arah mana ia bakal berlari dan menentukan titik di mana ia akan menendang si kulit bundar. Ia bahkan tak membiarkan dirinya terjatuh saat ada pemain yang menempelnya dengan ketat.

6. Archie Gemmill: Skotlandia vs Belanda - 1978


Sekali lagi, solo goal yang indah tercipta. Beda dengan Owen, Gemmil tak terlalu mengandalkan kecepatan. Timing, dribel, dan kecerdikannya yang berbicara di sini. Terlebih, ia harus melewati hadangan 3 pemain lawan yang ganas. Para defender Belanda mencoba merebut bola dengan tekel keras dan agresif, namun bisa dihindari dengan elegan oleh Gemmil. Finishingnya pun sempurna.

Sumber : bola.net

No comments:

Post a Comment