Sunday, March 2, 2014

15 Gol Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Dunia versi Bola.net (3)

Piala Dunia adalah tontonan yang menakjubkan. Banyak hal menarik yang bisa disaksikan di ajang empat tahunan yang diprakarsai oleh FIFA tersebut.

Akan tetapi, pada akhirnya, yang membuat ajang ini menjadi sangat meriah adalah melihat si kulit bundar masuk ke dalam gawang, alias terciptanya gol. Sejak dimulai pada tahun 1930 silam, hingga yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2010 lalu, sudah tercipta total 2,208 gol di ajang ini.

Dari ribuan gol tersebut, berikut 15 gol yang terbaik di antaranya pilihan dari Bola.net. Dimulai dengan menghitung mundur.

5. Diego Maradona: Argentina vs Belgia 1986



Maradona mengiris pertahanan lawan dengan mudah. Empat pemain, lima plus kiper, berhasil ia pecundangi dengan kecepatan dan dribel-nya yang lengket. Ia layaknya bermain melawan bek-bek pemula.

4. Jared Borgetti: Meksiko vs. Italia - 2002



Pernahkah Anda melihat seorang pemain yang menyundul bola dalam posisi badan membelakangi gawang, lalu menempatkannya ke tiang jauh dan berbuah gol? Ke gawang kiper selevel Gianluigi Buffon pula. Pastinya belum pernah ada gol seperti ini sebelumnya, setidaknya di ajang Piala Dunia.

3. Dennis Bergkamp: Belanda vs Argentina - 1998


Hanya butuh tiga sentuhan bagi Bergkamp untuk bisa mencetak gol ke gawang Argentina ini. Kejasama tim yang sempurna, plus teknik, visi, ketenangan dan kecerdikan terangkum menjadi satu sehingga gol ini tercipta. Sentuhan pertamanya saat menerima bola hasil umpan jauh dari De Boer menjadi kunci terciptanya gol ini. Kecerdikan membuatnya berhasil mengamankan bola dari sergapan musuh, dan ketenangan berhasil membuatnya melakukan finishing yang sempurna.

2. Saeed Al-Owairan: Arab Saudi vs Belgia - 1994


Bukan hanya Maradona yang bisa mencetak gol solo melewati banyak orang. Pemain yang satu ini bisa juga melakukannya. Bahkan, ia sukses melewati hadangan enam pemain. Ia bisa mencetak gol ini karena ada momentum yang mendukung. Walau demikian, tak bisa dikesampingkan bahwa faktor kecepatan dan dribelnya turut berperan dalam mencetak gol indah ini.

1. Diego Maradona: Argentina vs Inggris - 1986


Kecerdikan, visi yang yahud, dribel yang sempurna, plus kepercayaan diri yang tinggi mendukung terciptanya gol yang paling indah di Piala Dunia ini.

Berlari sendirian dan menari-nari melewati hadangan enam pemain sebelum akhirnya mencetak gol tampak mustahil dilakukan jika bukan oleh pemain dengan skill tingkat dewa. terlebih, lawan yang dihadapi bukan tim sembarangan, melainkan tim sekelas Inggris. Bahkan, Lionel Messi sendiri mungkin saja bakal kesulitan mencetak gol macam ini di ajang Piala Dunia.

Sumber : bola.net

No comments:

Post a Comment