Sunday, March 4, 2012

Si Miskin (tidak lagi) Dilarang Sakit dan Sekolah

JAKARTA - Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) meluncurkan buku "Si Miskin (tidak lagi) Dilarang Sakit dan Sekolah". Buku ini diklaim sebagai cermin meningkatnya pelayanan pendidikan dan kesehatan di DKI Jakarta.

Ketua Fakta sekaligus editor buku tersebut, Azis Tigor Nainggolan mengatakan, buku yang disusun selama hampir dua tahun ini menyajikan sejarah dan harapan akan pendidikan yang dapat diakses oleh seluruh warga Jakarta. Menurutnya, kesulitan warga Jakarta untuk mengakses pendidikan dari tahun ke tahun terus menyusut. read more


Proses melengkapi data yang akurat juga dibuktikan dengan dilibatkannya sejumlah pihak, termasuk warga DKI Jakarta, serta tim dari Litbang Kompas. Pria yang akrab disapa Tigor ini menjelaskan, warga DKI Jakarta dari beberapa wilayah sengaja dilibatkan dalam proses penyusunan buku tersebut. Alasannya karena penilaian warga sangat akurat, mengingat wargalah yang secara langsung merasakan layanan pendidikan di Jakarta.

"Beberapa warga dari seluruh wilayah Jakarta kita latih menjadi surveyor. Buku ini membuktikan sudah tidak ada lagi kesulitan siswa miskin untuk sekolah," kata Tigor, Minggu (4/3/2012), di Jakarta.

Contohnya, kata dia, jumlah pengaduan yang masuk ke dalam posko Fakta terus menurun. "Terus terjadi penurunan pengaduan. Perlu terus kita dorong agar siswa miskin menjadi lebih mudah mendapat pendidikan," ungkapnya.

Ditemui seusai acara peluncuran, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan kegembiraannya. Menurutnya, buku ini merupakan ekspresi dari simpul warga kota Jakarta. "Saya gembira karena buku ini menyajikan data adanya perbaikan dan kemajuan kualitas pendidikan di Jakarta," pungkasnya.

Sumber :  KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment