Tuesday, December 24, 2013

Waspada, Ambon Rawan HIV/AIDS

Ilustrasi
Ambon : Dalam kuran waktu tiga tahun belakangan ini jumlah pengidap HIV/AIDS di Kota Ambon terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pasalnya, yang terdaftar pada Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk saat ini penderita HIV/AIDS sebanyak 1.266 orang sehingga kemungkinan yang tidak terdaftar lebih banyak.

Dari angka populasi penyebaran HIV/AIDS kebanyakan di alami oleh orang-orang yang berusia produktif yakni 24-49 tahun. Untuk Kota Ambon sendiri dari data yang ada pada tahun 2012 angka penderita HIV/AIDS sebanyak 1.169 orang yang terdiri dari HIV 496 pengidap AIDS 673 pengidap dan untuk kasus baru pada tahun 2013 berjumlah 97 orang yang terdiri dari HIV 52 orang AIDS sebanyak 47 orang.


“Dari jumlah 1.266 penderita itu diantaranya ada dua balita yang usianya dibawah empat tahun juga terinfeksi virus mematikan tersebut. Kedua balita ini tertular virus itu dari sang ibu yang sebelumnya juga terinfeksi virus itu,” jelas Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Yusda Tuharea, seperti diberitakan Siwalima, hari ini.

Dijelaskan, virus ini menyebar dengan cepat lewat beberapa hal yakni, pertama hubungan seksual yang menyimpang dan jarum suntik bekas dari penderita HIV/AIDS.

Untuk menanggulangginya, Kata Tuharea, pihaknya telah mengambil beberapa langkah tegas yakni integrasi serta menjalin kerjasama dengan LSM, sosialisasi dan pengambilan simpel darah dari dari warga masyarakat.

“Yang menjadi kendala kita adalah para pelaku seks menyimpang itu betul atau tidak, ketika berada di dalam kamar bersama pasanganya, sehingga sulit untuk kita deteksi,” katanya.

Untuk itu, tambah dia, jalinan kerjasama lintas sektoral sangat di perlukan, sebab bila bekerja secara sendiri-sendiri ditambah dengan masyarakat yang tidak menyadari akan bahaya dari virus ini, maka semua usaha yang dilakukan selama ini tidak akan membawa hasil, bahkan jumlah para penderita akan semakin bertambah dari waktu kewaktu. (S5)

Sumber : malukunews.co

No comments:

Post a Comment