Sunday, December 15, 2013

Hasil Quick Count Pilkada Maluku Putaran II

Konfrensi Pers Hasil Quick Count Pilkada Maluku Putaran 2 yang 
dilakukan LSI berlangsung di Swissbell Hotel, Sabtu (14/12-2013).
Ambon -  Dua lembaga survey telah merilis hasil hitungan cepat (Quick Count) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku putaran kedua yang telah digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Sabtu (14/12/2013).

Dua lembaga survei itu masing-masing Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Media Survei & Strategi (MSS).

Melalui konferensi pers yang digelar di Swiss Bell Hotel, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil Quick Count perolehan suara dua pasangan yang ditetapkan KPU Maluku masing-masing pasangan Said Assagaff – Ety Sahuburua (SETIA) yang unggul tipis terhadap pasangan Abdullah Vanath – Marthin Maspaitela (DAMAI).

Menurut Direktur Konsultan Citra Indonesia (KCI), Barka Pattimahu, pasangan SETIA memperoleh 51,05 persen suara sementara pasangan DAMAI memperoleh 48,95 persen suara.

"SETIA unggul tipis terhadap pasangan DAMAI di 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku," kata Pattimahu di hadapan puluhan wartawan dari berbagai media, Sabtu (14/12/2013) pukul 20.25 WIT. (Lihat bagan hasil perolehan suara di 11 kabupaten/kota versi KCI)


Pattimahu menjelaskan, data yang diterima LSI dari 11 kabupaten/kota sudah mencapai 95 persen, rating of error kurang dari 1 persen dengan tingkat partisipasi pemilih (Voter's Turn Out) sebesar 68,38 persen.

"Masih ada sekitar 5 persen suara yang belum masuk dari beberapa TPS, meski demikian tidak akan mempengaruhi kemenangan pada pasangan SETIA," jelasnya.

Sementara di tempat terpisah, Media Survei & Strategi (MSS) juga merilis hasil Quick Count yang sedikit berbeda dari hasil yang dirilis LSI. 

Direktur MSS, Husain Marasabessy, MSi di hadapan puluhan wartawan saat menggelar konferensi pers di Amaris Hotel, Sabtu (14/12/2013) pukul 21.45 WIT, juga merilis kemenangan yang diraih pasangan SETIA.

"Pasangan SETIA unggul dengan perolehan 50,11 persen dan pasangan DAMAI dengan perolehan 49,89 persen suara yang diperoleh dari 11 kabupaten/kota di Maluku," kata Marasabessy.


Menurutnya, data yang masuk sebesar 91,67 persen, margin of error kurang lebih 1 persen dengan partisipasi pemilih sebesar 70,67 persen suara. (Lihat bagan hasil perolehan suara di 11 kabupaten/kota versi MSS). (BM 10)

Sumber : beritamaluku.com

No comments:

Post a Comment