Friday, December 13, 2013

3 Siswa Aljabar Juarai Kompetisi Internasional Sempoa dan Mental Aritmetika

Ilustrasi
Ambon - Tiga siswa Aljabar Ambon berhasil menjuari Uchmas Abacus dan Mental Arithmetic Internastional Competition ke-19, yang berlangsung di International Islamic University Malaysia, 1 Desember lalu. 

Ketiga siswa tersebut masing-masing Jonathan Fergie Winardy Oei, berhasil meraih juara champion pada kategori advance 1, Handie Abistha Ramadhany Masawoy meraih juara III kategori Higher 2 serta Chetlyn Virginia Oie berhasil meraih juara III ketegori Intermediate 2.

Penanggung jawab Yayasan Aljabar, Hanny Latuconsina mengatakan, pada event Uchmas Abacus dan Mental Arithmetic Internastional Competition ke-19 ini, Yayasan Aljabar Ambon mengirimkan lima siswa terbaik namun setelah dilombakan ternyata hanya ketiga siswa ini yang berhasil meraih juara. 

“Ketiga siswa  ini berhasil mengalahkan 2.543 siswa lainnya dari 31 negara dan dari 56 siswa asal Indonesia dan ini sebuah kebanggan bagi kami bersama orang tua karena ternyata hanya Jonathan Fergie Winardy Oei yang berhasil meraih juara champion,” ujarnya, kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (11/12). 

Dijelaskan, keberhasilan ketiga siswa ini berawal dari lomba Olympiade Sempoa dan Mental Aritmatika tingkat nasional ke-14 di Denpasar, 8 September 2013 lalu dimana ketiga siswa ini berhasil meraih juara satu pada masing-masing kategori. 

“Saat perlombaan di Malaysia itu, 2543 siswa dari 31 negara ini diberikan 200 soal dengan waktu delapan menit dan ternyata Jonathan Fergie Winardy Oei, yang adalah siswa kelas V SD Kalam Kudus berhasil menyelesaikan 111 soal, Handie Abistha Ramadhany Masawoy, siswa Kelas IV SD Latihan SPG berhasil menyelesaikan 90 soal sementara Chetlyn Virginia Oie, siswa kelas III SD Kalam Kudus berhasil menyelesaikan 155 soal,” ujar Latuconsina dengan bangga. 

Khusus untuk Jonathan sendiri, lanjut dia, di tahun 2012 lalu juga mewakili Indonesia dalam Lomba Sempoa tingkat dunia dan berhasil mendapatkan juara pertama, mengikuti lima mata lomba dan empat mata lomba berhasil mendapatkan juara yaitu, Juara satu  level Advance I, juara satu usia 8-10 tahun. Juara dua matematika untuk kategori kelas lima dan juara dua dikte pandang kira. Sementara Handie mendapatkan juara satu level Higher II, dan juara tiga kategori usia 8-10 tahun.   

“Selain Jonathan dan Handie, ada 9 siswa dari 20 siswa yang ikut serta dalam olympiade tersebut yang berhasil mendapatkan juara diantaranya, Chetlyn  Virginia Oie (SD Kalam Kudus) mendapatkan juara satu level Inter-2. Juara satu dikte pandang kira, juara haraoan usia 8-10,” ujarnya. 

Selanjutnya, M Arafah (SD Negeri 69) mendapat juara dua level Higher-2. Clarissa A Oie (SD Kalam Kudus) mendapatkan juara pertama usia di bawah 6 tahun, dan juara dua level KG-2. “Sabra Satillah Yandra (MIT As Salam), juara tiga usia 7-8 tahun. Afrilienany Madubun, juara harapan level Ele-1. Jihan Faadilah S, juara harapan level Ele-1. Kesia Violets Telapary mendapatkan juara dua usia 8-10 tahun, juara harapan matek kelas 5 dan juara harapan Higher-2. Yuliana Rahmanila mendapatkan juara 2dua level Inter-2. Dan juara harapan usia 8-10  tahun serta Anastasya R Mbau mendapatkan juara tiga level KG-2,” urainya. 

Latuconsina menjelaskan, 20 siswa Aljabar ini bertarung dengan 900 siswa lainnya dari seluruh Indonesia dengan mengikuti 14 mata lomba yaitu, level Higher I, Higher 2. Advance-1. Advance II, Advance III. Kategori usia 8-10. 

“Lomba ini merupakan agenda tahunan Aljabar dalam mengikuti sertakan siswanya untuk mengadu kecepatan dan ketepatan dalam berhitung. Ini merupakan kali ke-7 dalam kurun waktu tahun 2007-2013,” katanya. 

Tahun ini, kata dia, merupakan capaian yang luar biasa bagi Aljabar Ambon, karena siswa Aljabar berhasil menggondol enam juara satu dari 14 kategori yang diperlombakan, serta ada beberapa siswa yang mendapat juara dua, tiga dan harapan. 

“Untuk tingkat dunia di Kuala Lumpur ini kami benar-benar akan mempersiapkan Jonathan dan tahun 2012 lalu juga mendapatkan juara Olympiade Sempoa tingkat dunia tahun 2012. Karena itu untuk menghadapi event yang sama tahun 2013 ini, kami benar-benar mempersiapkannya dengan baik sehingga bisa tercapai,” katanya. 

Jonathan, Handie dan Chetlyn kepada wartawan mengaku sangat bahagia dan bangga bisa mengharumkan nama baik Indonesia khususnya Maluku di kancah internasional. (S-16) 

Sumber : siwalimanews.com

No comments:

Post a Comment