Sunday, January 20, 2013

Dermaga Ferry Hunimua Akan Dipindahkan ke Waii

ANTARA
Warga dari tiga kabupaten di Pulau Seram turun dari kapal penyeberangan yang 
merapat di dermaga feri Liang, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Maluku,

Ambon - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku berencana memindahkan pelabuhan penyeberangan ferry di Dusun Hunimua Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Pemindahan dermaga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lantaran status tanah yang diatasnya terdapat pelabuhan penyeberangan ferry itu tidak jelas. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku, Anthonius Sihaloho mengungkapkan, status tanah pelabuhan peyeberangan ferry di Hunimua  sampai sekarang tidak jelas.

“Guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka sesuai dengan master plan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, dermaga ferry di Hunimua akan dipindahkan ke Desa Waai,” kata Sihaloho, saat  pada rapat dengan Komisi C DPRD Maluku di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku, Kamis (17/1).

Sihaloho mengungkapkan, lahan yang diatasnya berdiri dermaga ferry Hunimua itu, ada tiga pemilik yang mengaku sebagai pemilik tanah. “Status tanah di dermaga ferry Hunimua tidak jelas, disana ada tiga pemilik. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka dermaga tersebut akan dialihkan ke Waai,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, saat ini Dishub Provinsi Maluku akan membangun dermaga ferry di beberapa daerah di Maluku sehingga pelayanan transportasi dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Penyeberangan ferry di wilayah Salahutu menjadi perhatian serius guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayaran. Dimana saat ini masyarakat yang berasal dari wilayah Seram yang terdapat tiga kabupaten yakni Kabupaten Malteng, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur dalam waktu dekat akan terlayani dengan baik melalui pembangunan dermaga ferry,” akui Sihaloho.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Udara yang mewakili Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Jhon Rante mengungkapkan, Dishub Maluku merencanakan untuk membangun sejumlah dermaga ferry di Maluku seperti di Ambalauw Kabupaten Buru Selatan, Tehoru Kabupaten Maluku Tengah dan Teor Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Dimana dalam APBD 2013 telah dianggarkan dalam perencanaan sehingga 2014 dapat terwujud pembangunan fisiknya dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang masalah transportasi laut.

No comments:

Post a Comment