Saturday, August 24, 2013

Kurikulum 2013 Masih Wacana di Kemenag


AMBON - Kepala Seksi Pendidikan Islam pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon, Yasir Rumadaul mengatakan, pemberlakuan kurikulum 2013 di lingkup Kemenag masih sebatas wacana.

Walau saat ini, katanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan action untuk pemberlakuan kurikulum barutersebut disejumlah sekolah pada lingkupnya.

“Saat ini, implementasi kurikulum 2013 di lingkup Kemenag masih dikembangkan dalam bentuk wacana saja. Belum diimplementasikan pada madrasah-madrasah. Kami masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),” katanya.

Penyesuaian kurikulum madrasah sesuai dengan kurikulum sekolah umum, katanya, pasti akan dilakukan. Tapi penyesuaian tersebut 2013 belum dilakukan pada tahun ini.

Saat ini, katanya, masih terus dilakukan berbagai sosialisasi pemberlakuannya. Sosialisasi tersebut dalam bentuk Training of Trainers (ToT) kepada sejumlah pengawas dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Hal tersebut dilakukan agar guru mata pelajaran PAI dapat menyesuaikan diri dengan mata pelajaran lainnya di sekolah. “Mata pelajaran PAI kan terintegral dengan sekolah umum. Jadi mereka harus secepatnya dapat melakukan penyesuaian dengan kurikulum 2013,” terangnya.

“Kemenag target sekitar 60 guru yang harus ikut ToT jadi sosialisasi tersebut dilakukan secara bertahap di lingkup kemenag,” pungkasnya. (CR9)

Sumber : ambonekspres.com

No comments:

Post a Comment