Friday, December 14, 2012

Obama Jadi Nama Kadal Purba

(ANTARA/Puspa Perwitasari)
Komodo, salah satu hewan yang diperkirakan sisa prasejarah, adalah juga 
sejenis kadal raksasa seperti halnya Obamadon gracilis 


Fosil kadal pemakan serangga dari zaman prasejarah dinamai "Obamadon gracilis" sebagai tanda penghormatan kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Obamadon gracilis merupakan satu dari sembilan spesies baru yang dilaporkan dalam edisi Senin "Proceedings of the National Academy of Sciences". Kadal berukuran kecil ini pertama kali ditemukan di Montana bagian timur pada 1974.


Tetapi, setelah diperiksa kembali, fosilnya salah diklasifikasi menjadi Leptochamops denticulatus, kata para peneliti kepada Reuters. Padahal, kadal itu adalah spesies baru.

Peneliti Universitas Yale dan Harvard menggabungkan kata dalam bahasa Latin "Obamadon" yang berarti "gigi Obama" dan "gracilis", ramping.

"Kadal ini demikian tingggi dan bergigi rata. Obama juga tinggi, bergigi rapi dan senyum yang khas," kata Nick Longrich, paleontolog dari sebuah kampus di New Haven, Connecticut, seperti dikutip Reuters.

Obamadon diyakini hidup pada masa Kretaseus yang dimulai sekitar 145,5 juta tahun lalu. Menurut para peneliti, bersama dengan para dinosaurus era itu, kadal ini mati sekitar 65 juta tahun lalu ketika asteroid raksasa menghantam bumi.

Longrich mengatakan dia menunggu hingga pemilihan presiden selesai untuk menamai kadal itu "Obamadon".

Longrich mengaku tidak pernah memikirkan "Romneydon" dan "Clintondon", padahal Longrich memang mendukung pencalonan Hillary Clinton melawan Obama sebagai calon dari Partai Demokrat pada 2008.

Obama bukan politikus pertama yang menjadi inspirasi dalam klasifikasi organisma. Seekor spesies kungkang langka pemakan tumbuhan diberi nama "Megalonyxx jeffersonii" untuk mengenang Presiden Thomas Jefferson.

No comments:

Post a Comment