Wednesday, November 20, 2013

Gempa 6,2 SR Guncang Halmahera

Ilustrasi gempa.
Jakarta - Gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang wilayah Halmahera, Maluku Utara. Meski titik episentrum berada di laut, gempa tidak menimbulkan tsunami. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan terjadi pada pukul 20.32 WIB, Selasa (19/11/2013). Pusat gempa berada di laut pada koordinat 2,62 LU dan 128,42 BT, dan di kedalaman 11 Km.

USGS (Badan Geologi Amerika) mencatat gempa 6,3 SR di kedalaman 63,6 km. Pusat gempa terletak 30 km barat laut Pulau Morotai, Maluku Utara atau 140 km timur laut Halmahera Barat, Maluku Utara. Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa berasal dari terusan Megathrust Philipina.

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa (shakemap) di wilayah pesisir utara Pulau Morotai, gempa berintensitas VI MMI atau kuat. Beberapa daerah di Kecamatan Morotai Utara seperti Kelurahan Hapo, Sopi, Ici Sopi, dan Pangeo memiliki intensitas gempa VI MMI yang artinya guncangan gempanya kuat.

Di Kota Halmahera gempa dirasakan sekitar 2 detik. Tidak terjadi kepanikan di masyarakat Halmahera. Belum ada laporan kerusakan dan korban.

Sumber : news.detik.com

No comments:

Post a Comment