Friday, October 18, 2013

Saut Situmorang Terpilih Penjabat Gubernur Maluku


Saut Situmorang careteker gubernur Maluku
Ambon - Teka teki siapa yang bakal menjabat Caretaker Gubernur Maluku, akhirnya terjawab. Direktur Jenderal Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, Saut Situmorang kabarnya sudah resmi ditunjuk untuk menjalankan tugas pemerintahan di Maluku, sambil menunggu gubernur definitif. 

Seperti diberitakan koran lokal Siwalima mengutip sumber di Kemendagri menyebutkan, Keputusan Presiden tentang pengangkatan Situmorang sebagai caretaker sudah ditandatangani Presiden SBY.

“Keppresnya sudah ditanda tangani Presiden SBY dan tinggal persiapan untuk proses pelantikan saja,” ujar sumber itu melalui telepon selulernya, kemarin (16/10) siang. Tentang kapan pelantikan, sumber tersebut mengaku belum mengetahuinya persis. “Kan nanti diproses. Tunggu saja ya,” pinta dia sambil mengakhiri pembicaraan.

Sementara Plh Gubernur Maluku, Ros Far Far yang beberapa kali dihubungi Siwalima melalui telepon selulernya untuk mengkonfirmasi penetapan caretaker, tidak menjawab panggilan telepon. Begitu pula degan SMS yang dikirim juga tidak berbalas. 

Plh Karo Pemerintahan Setda Maluku, Boy Kaya yang dikonfirmasi juga mengaku belum mengetahui siapa yang ditetapkan menjadi caretaker gubernur. 

“Saya sendiri juga belum tahu nama, karena memang sangat-sangat dirahasiakan. Staf di Depdagri yang biasa urusan juga belum tahu sama sekali,” tulis Kaya dalam pesan singkatnya kepada Siwalima, kemarin malam. 

Sebelumnya Far Far mengaku, Presiden SBY belum menandatangani Keppres caretaker Gubernur Maluku. 

“Ketika kemarin saya melakukan rapat di BPKP di Jakarta, saya ditelepon oleh Karo Administrasi Sekretaris Negara, jika Keppresnya sudah ada di mejanya presiden, tinggal tunggu saja presiden menandatanganinya,” ungkap Far Far, kepada wartawan, usai penyerahan hewan kurban dari Pemprov Maluku kepada masyarakat, di pelataran Mesjid Alfatah, Sabtu (12/10) lalu. 

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan kapan presiden menandatangani Keppres tersebut. “Kita tunggu saja, mungkin dalam waktu dekat sudah ada,” ujarnya. 

Oleh banyak kalangan, nama Far Far dinominasikan sebagai caretaker. Dukungan kepadanya juga datang dari KA Ralahalu yang kala itu menjabat Gubernur dan 45 Anggota DPRD Maluku. Mereka bahkan dimobilisasi rame-rame ke Jakarta untuk memperjuangan Far Far. (Cr-2/S-16) 

No comments:

Post a Comment